Makanan penghambat kanker


Kanker sudah menjadi momok bagi masyarakat dunia sebagai salah satu penyebab kematian yang menakutkan. Sampai saat ini msh belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kanker secara langsung. Hal yang bisa kita lakukan hanya menjaga diri kita dari hal hal yang menyebabkan resiko tinggi terkena kanker. Untk mengurangi resiko terkena kanker salah satunya dgn menjaga pola makan kita sehari. Mulai lah dgn mengkonsumsi tempe. Tempe mengandung zat obat yang termasuk dalam kelompok isoflavonoid, terutama genistein dan daidzen. Senyawa tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang berkaitan dengan hormon, khususnya kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria. Makan tempe setiap hari merupakan kebiasaan yg baik. Selain pada tempe zat ini jg terdapat pada tahu dan susu kedelai. Selain itu, bayam,wortel, kol, tomat dan strobery jg mengandung zat anti kanker.
Keterbatasan asupan selenium berpotensi menumbuhkan sel kanker, terutama kanker paru2, prostat, payudara, usus besar, empedu, otak dan kanker leher.
Selenium bnyk terdapat dalam ikan laut, sprti salem dan tongkol. Kesuksesan kerja senyawa tersebut sangat ditentukan pula oleh kecukupan sediaan vit. C dlm darah. Oleh karena itu konsumsi makanan kaya vitamin c harus ditingkatkan seperti jambu biji, jeruk, pepaya, belimbing, mangga, nanas, sirsak, dan lalap sayuran mentah.