Beasiswa Eka Tjipta Foundation (ETF)


Kamu mahasiswa baru dan sedang mencari beasiswa? Informasi beasiswa dari Eka Tjipta Foundation (ETF) mungkin yang kamu cari. Jika kamu lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau mahasiswa baru berusia tidak lebih dari 20 tahun pada Juli 2010, serta memiliki prestasi akademik dan non-akademik, kamu sudah bisa mendaftar untuk program beasiswa ini.

Saat ini, beasiswa ETF baru diberikan untuk para mahasiswa di sepuluh perguruan tinggi mitra ETF. Sepuluh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) Depok, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Beasiswa S1 ETF meliputi biaya pendaftaran ke perguruan tinggi yang dimasuki pendaftar lewat seleksi masuk resmi; biaya kuliah, tergantung dengan perguruan tinggi yang dipilih; uang saku, untuk mendukung biaya hidup selama masa kuliah; serta tunjangan lain untuk kelancaran studi. Semua biaya tersebut diberikan selama delapan semester, dengan catatan, prestasimu sebagai penerima beasiswa harus baik. Minimal, indeks prestasi kumulatif (IPK)-mu adalah 3,00.

Apa saja syarat pendaftarannya? Selain mengisi formulir pendaftaran yang bisa kamu dapatkan di situs ETF, kamu juga harus melengkapi berkas pendaftaran berisi data akademis yang ditunjukkan dengan foto kopi ijazah, transkrip nilai, dan rapor SMA; data kondisi ekonomi keluarga dengan menyertakan surat keterangan penghasilan orangtua dan rekening listrik tiga bulan terakhir; serta data prestasi yang diraih berupa foto kopi berbagai piagam yang kamu raih. Formulir pendaftaran dan dokumen pendukung paling lambat kamu kirimkan pada 11 Oktober 2010 ke alamat:
Eka Tjipta FoundationPlaza BII Tower II Lantai 33 Jl. MH Thamrin No. 51 Jakarta 10350
up: Ibu Monika

Perlu diingat, ketika mengajukan lamaran beasiswa, kamu tidak boleh sedang menerima beasiswa dari institusi atau organisasi manapun. Jika kamu menerima beasiswa ini, setelah menyelesaikan studi, kamu harus bekerja di Indonesia minimal selama lima tahun. Keterangan lebih lengkap bisa kamu dapatkan di laman http://www.ekatjiptafoundation.org/?s=program_sarjana.

okezone.com