Nokia C7, versi murah Nokia N8


Nokia C7 digadang-gadang sebagai versi terjangkau dari Nokia N8 karena bentuknya yang lebih kecil, beberapa fitur yang diusung pun lebih rendah, dan harganya pun lebih murah ketimbang N8. Desain yang diusung C7 cukup mengesankan produk elegan, yang layak ditenteng kemana-mana.

Desain dan Tampilan

Tidak cukup bagi anda untuk hanya sekedar melihat gambar, Nokia C7 lebih berasa ‘nendang’ jika sudah berada di tangan. Bahkan beratnya masih tergolong ringan, hanya sekira 130 gram, dengan bentuk yang cukup panjang dan ramping berdimensi 117 x 56 x 10 milimeter.

Tampilan depan (home screen) pada layar C7 dapat dikostumisasi hingga beberapa jenis. Artinya pengguna dimungkinkan untuk menciptakan hingga tiga kostumisasi home screen dengan berbagai widget maupun menu shortcut dimasing-masing tampilan layar. Dengan layar berjenis AMOLED, display layar akan tetap jernih dan jelas meski berada di bawah terik matahari.

Di bagian bawah layar terdapat tombol on/off yang mengapit tombol menu. Port charger terdapat di sisi kiri ponsel sedangkan di seberangnya terdapat tombol shutter kamera, pengunci layar, dan pengatur volume suara. Seperti ponsel Nokia lainnya, tombol shutdown C7 terletak di posisi atas berdekatan dengan port USB dan lubang handsfree.

Fitur dan Aplikasi

Ponsel yang mengusung teknologi GSM/UMTS atau 3,5G ini mengusung dua buah kamera. Kamera depan dengan resolusi VGA dapat digunakan untuk melakukan video call, sedangkan kamera belakang merupakan kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel. Tidak seperti ponsel Nokia 3G sebelumnya yang menghadirkan option video call, anda hanya bisa melakukan panggilan video call dengan nomor yang telah dimasukkan di daftar kontak.

Kamera depan juga bisa digunakan untuk mengambil foto, hanya saja resolusi VGA-nya membuat hasil gambar kurang memuaskan. Oleh karena itu sebaiknya gunakan kamera utama yang terletak di belakang. Untuk melengkapi kinerja kamera 8MP – nya, kamera ini juga dipersenjatai dengan dua buah lampu flash yang akan memastikan gambar terlihat cukup jelas, meski dalam keadaan gelap sekalipun.

Kamera belakang, yang diapit oleh dua speaker untuk suara keluar, juga mampu membuat video dengan kualitas mulai dari high definition berformat MP4, kualitas tampilan televisi maupun 3GP. Resolusi video dengan kualitas HD mencapai 1280×720 piksel dengan kapasitas bitrate sekira 12085 kbit/detik atau setera dengan 25 frame perdetik. Foto dan video ini bisa langsung diedit dalam C7 dengan menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi di dalamnya. Pengguna bisa mengedit foto, baik me-rotate, resize, crop, membubuhkan clipart, efek, draw, bubble, frame, menghilangkan red eye, memberikan stempel, animasi, dan lainnya.

Sedangkan aplikasi edit video bisa dilakukan juga di C7 tanpa harus memindahkan video ke PC. Di sini pengguna bahkan bisa menciptakan video yang dirangkai dari foto-foto yang ada, atau gabungan foto dan video. Untuk urusan video, C7 juga memberikan tambahan akses langsung ke video dari media asing ternama, seperti YouTube, video milik National Geographic, Movie Teaser, E! Online, dan CNN video. Semua aplikasi ini bisa ditambahkan dengan mengunduh langsung melalui Ovi Store. Hal yang sama juga berlaku jika pengguna ingin mengunduh game-game terbaru di C7. Namun untuk radio, pengguna bisa langsung menikmatinya dengan mencari saluran FM yang ada secara otomatis maupun manual.

Nokia mencoba mengklasifikasikan fitur dengan fungsi yang sama ke dalam satu folder. Salah satunya adalah fitur jejaring sosial yang masuk ke dalam satu folder tertentu. Untuk membukanya, anda tidak hanya membutuhkan koneksi internet tapi juga harus melalui akun Ovi. Jika anda tidak memiliki akun Ovi maka mustahil anda bisa masuk kejejaring sosial yang ada di C7. Namun jika sudah masuk melalui Ovi, anda akan disuguhkan dengan tidak hanya Facebook tapi juga Twitter dan RenRen. Nama terakhir ini merupakan salah satu jejaring sosial terbesar di China yang dulu bernama Xiaonei.

OS (Operating System)

OS buatan sendiri yang diusung Nokia membuat C7 tidak bergantung pada aplikasi buatan perusahaan lain, termasuk aplikasi peta dan lokasi yang bisa didapat melalui Ovi Maps. Bantuan satelit yang mampu mendeteksi keberadaan ponsel mampu membuat C7 mengarahkan ke jalan-jalan yang dituju. Ovi Maps yang dibenamkan merupakan versi terbaru sehingga dapat menunjukkan jalan-jalan di mana saja di Indonesia. Bahkan Ovi maps memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi, tentu saja dengan sesama pemilik akun Ovi.

Koneksi dan Memori

Untuk koneksi, C7 dilengkapi dengan kemampuan menangkap sinyal wifi dan teknologi transfer melalui bluetooth versi 3.0. Untuk transfer menggunakan kabel USB, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 5,5 Mb/detik. Saat USB kabel tercolok, ponsel tidak hanya akan bersiap melakukan transfer data tapi juga sekaligus melakukan charging. Jika menggunakan Bluetooth 3.0, kecepatan transfer dari perangkat ke perangkat mencapai 24 Mb/detik

Ponsel berbasis sistem operasi Symbian^3 ini dilengkapi dengan tiga ruang penyimpanan, yaitu phone memory dengan kapasitas sekira 500 MB, Mass Memory dengan kapasitas 8GB, dan juga memori eksternal berupa Micro SD. C7 juga dilengkapi dengan sistem browser ver. 7.2, software Flash versi 4.0 dan Java versi 2.1.

Baterai C7 cukup kuat dengan pengoperasian aktif selama dua hari. Untuk masa standby diperkirakan akan mencapai dua kali lipat dari daya tahan operasional. Fitur yang memakan energi paling besar adalah tingkat kecerahan layar. Untuk kecerahan maksimum mampu memakan energi sekira 10 hingga 20 persen. Aktivitas browsing juga mampu memakan energi yang cukup besar pada baterai C7.

okezone