LG Optimus GT540



Seakan tidak ingin ketinggalan dengan vendor lain, LG turut meramaikan pasar ponsel Android di Tanah Air dengan meluncurkan LG GT540 atau yang biasa dikenal sebagai LG Optimus . LG Optimus memang memiliki desain yang menarik. Penampilan ponsel ini mampu memikat simpati para penggila gadget di Tanah Air. LG sendiri telah mengklaim bahwa ponsel berbasis Android 1.6 (Donut) juga memiliki sejumlah fitur yang menarik.

Hadir dengan warna putih bertekstur, serta lapisan chrome pada kedua tepiannya, membuat produk ini kian terlihat elegan. Kehadiran beberapa tombol di bawah layarnya pun seakan mempertegas kesan minimalis namun tetap fungsional. Cukup terkesan dengan tampilan luarnya. Seperti kebanyakan ponsel Android lainnya, produkini memiliki beberapa slide yang berisikan berbagai aplikasi.

Sejatinya, LG optimus memang dirancang untuk pengguna yang hobi melahap semua konten multimedia namun tidak pula menghilangkan beragam kebutuhan dasar seperti berkirim pesan teks. Dibekali dengan prosesor berkecepatan 600 MHz, ponsel ini mampu memutar video beresolusi 480 X 320 dengan lancar di 30 Frame per Second (FPS). Namun sayang, kemampuan kamera 3 megapixel yang diusungnya hanya mampu merekam gambar bergerak hingga batas 640 X 480 pixel di 17 FPS. Meskipun demikian kemampuan menjepret gambar yang dimilikinya tergolong baik, hasilnya cukup tajam dan baik pada resolusi 2048 X1536 pixel. Tapi kualitas tersebut bakal turun ketika mengambil gambar pada lokasi yang kurang bercahaya.

Karena berbasis touchscreen , maka pengguna hanya akan menjumpai keyboard virtual pada produk ini. Nah , di sinilah letak ketidaknyaman mengetik pada ponsel ini. Tidak seperti ponsel sekelasnya yang hanya membutuhkan sentuhan untuk berinteraksi, LG Optimus memerlukan sedikit tekanan pada setiap tut keyboard virtual yang dimilikinya. Alhasil, salah ketik pun kerap terjadi ketika mengirim email atau SMS.

Karena dirancang untuk selalu online, ponsel ini juga dibekali dengan beragam jenis konektivitas yang lengkap. Mulai dari kemampuan menangkap sinyal HSDPA, koneksi Wifi 802.11 b/g, Bluetooth 2.1 dengan A2DP, dan port mini USB. Jadi bisa dibilang, dengan harga yang cukup kompetitif ponsel ini telah memberikan beragam konektifitas yang lengkap. Terlebih lagi dengan hadirnya A-GPS yang sudah terintregasi.

Harga ± Rp 2,7 Juta

 

Kelebihan:
+ Desain menarik
+ Konektifitas lengkap

Kekurangan:
– Masih Android 1.6
– Touchscreen kurang sensitif

Spesifikasi Umum:
*.Prosesor: Qualcomm MSM7227 600MHz
*.Ram/Rom: 258MB/256MB
*.Layar: 3 inchi, 320 X 480 pixel
*.Berat: 115,5 gram
*.Dimensi: 109 x 54.5 x 12.7 mm
*.Konektifitas: Wifi, Bluetooth, USB
*.Kamera: 3 Megapixel dengan Auto Fokus
*.Sistem Operasi: Android 1.6