Nokia 603, Symbian^3 Belle dengan Segudang Fitur Unggulan


Symbian sudah mati ? Anggapan mungkin itu tidak sepenuhnya benar. Nokia sebagai pemilik OS symbian masih rajin menelurkan ponsel berbasis Symbian. Kali ini ada Nokia 603 yang berbasis Symbian^3 Belle. Berikut sedikit informasi tentang Nokia 603.

  • Desain
    • Nokia 603 mengadopsi model layar sentuh dengan 3 tombol utama (call, menu, end/power ) dibagian bawah layar. Layarnya menggunakan layar sentuh jenis IPS LCD kapasitif dengan luas 3.5 inchi. Dilengkapi dengan teknologi Nokia ClearBlack Display yang mampu meminimalisir refleksi cahaya pada saat digunakan dibawah terik matahari. Sekilas model Nokia 603 mirip dengan Nokia Lumia 710 yang menggunakan OS Windows Phone. Yang membedakan hanya dimensinya saja yang sedikit lebih kecil. Materialnya terbuat dari plastik dengan beberapa pilihan warna seperti fuchsia, hijau, kuning, dan putih.
  • Hardware & OS
    • Nokia 603 dibekali dengan hardware yang bagus. Prosessor 1 Ghz, 512 MB RAM, dan 1 GB ROM menjamin lancarnya aplikasi di Nokia 603. Ditambah dengan GPU 2D/3D graphics HW accelerator dengan OpenVG1.1 dan OpenGL ES 2.0 untuk performa grafik yang meyakinkan.

      Meskipun pamor OS Symbian mulai menurun, Nokia masih pede dengan menggunakan OS Symbian^3 Belle di ponsel ini. OS ini adalah seri Symbian yang mempunyai UI mirip IOS dan Android.

  • Multimedia dan Aplikasi
    • Kamera di Nokia 603 beresolusi 5 MP dengan tambahan fitur fixed focus, geotagging, dan face detection. Kualitas hasil kameranya cukup bagus, karena meski tanpa autofocus, ada fitur dinamic range yang mampu mencegah objek gambar terlihat kelebihan atau kekurangan cahaya.

      Untuk hiburan sendiri ada beberapa game terkenal yang dimasukkan dalam ponsel ini. Ada Angry Birds, Fruit Ninja dan Bounce Boing Battle. Ada juga aplikasi GPS ( Nokia Drive yang terintegrasi peta Indonesia ), Youtube, Vlingo, Shazam, serta Quick Office. Untuk mendapatkan aplikasi yang lain tersedia di Nokia Store.

  • Konektifitas
    • Berselancar di dunia maya dengan Nokia 603 memberikan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini tidak terlepas dari optimalisasi OS dan dukungan hardware yang mumpuni. Sedikit keterbatasan terjadi pada situs situs berbasis flash, karena Nokia 603 tidak didukung Adobe Flash. Meskipun demikian, kecepatan koneksi tak perlu diragukan lagi karena Nokia 603 sudah mendukung jaringan HSUPA 5,76 Mbps. Selain itu juga ada WiFi sebagai alternatif.

      Untuk bertukar data ada NFC, bluetooth 3.0 A2DP, micro USB dan dukungan USB-on-the-go.

Dengan beragam fitur yang disuguhkan, layak kiranya Nokia 603 dijadikan pertimbangan. Meski masih menggunakan OS Symbian, Nokia 603 dirasa mampu bersaing dengan ponsel ponsel besutan Samsung atau LG yang menggunakan OS Android.