Lenovo A2010: Ponsel Android 4G/LTE Murah


image

Selular.id

Untuk mengakomodasi pengguna yang ingin memiliki smart 4G/LTE, Lenovo rilis smartphone 4G Android murah yang dirakit langsung di Indonesia, yakni Lenovo A2010. Dibekali spesifikasi yang standart, bukan berarti smartphone ini tidak bisa apa-apa.
Berikut adalah bukti reviewnya.

Desain
Sebagai smartphone dengan harga murah, Lenovo tidak banyak melakukan inovasi dari sisi desain. Yang pasti desainnya masih nampak sederhana dan simpel. Memiliki dimensi 131,5 x 66,5 x 9,9 mm, Lenovo A2010 tidak cukup tipis, namun begitu kami menilai masih nyaman digenggam, karena bentuknya yang relatif kecil.
Menggunakan material full plastik matte, membuat bobot menjadi ringan, hanya 137gram. Pada bagian tepi sudutnya melengkung, membuat perangkat terasa sangat nyaman saat kami memegangnya di tangan.
Body belakang dilapisi dengan warna hitam dof, sehingga tidak mudah meninggalkan sidik jari. Tidak menggunakan konsep unibody, backcover bisa dilepas untuk mengakses baterai berkapasitas 2000mAh.

Layar
Lenovo A2010 dibekali layar berukuran 4.5 inci dengan jenis IPS LCD resolusi 480 x 854 piksel dan kerapatan piksel 218ppi. Tampilan pada layar cukup terang dan jelas bahkan dalam kondisi diluar ruang. Tidak hanya itu ponsel ini juga memiliki viewing angle yang terbilang luas, karena kami masih dapat melihat layar dati sudut kemiringan tertentu. Tidak hanya tampilannya yang nyaman dilihat, respon penggunaan juga terbilang responsif. Jadi secara keseluruhan kualitas tampilan cukup memuaskan.

Interface
Lenovo A2010 mengandalkan OS Android Lollipop dengan interface Vibe UI diatasnya. Dengan Interface ini, maka tidak tidak terlihat bahwa smartphone ini dibanderol dnegan harga murah. Karena selain menarik, tampilannya juga sama persis dengan produk Lenovo lainnya yang dibanderol lebih mahal. Secara default pada tampilan lockscreen menampilkan penunjuk waktu dan 3 icon shortcut (kamera, lock dan dial).
Pada halaman bar notifikasi, Lenovo A2010 terdapat pengaturan koneksi dan notifikasi. Seperti pada smartphone lenovo lainnnya. Lenovo juga membenamkan aplikasi khas lenovo seperti SHAREit dan SYNCit.

Kinerja
Sebagai smartphone dengan harga terjangkau Lenovo A2010 tidak memberikan hardware yang minim. Oleh karenanya untuk urusan performa, Lenovo A2010 dilengkapi dengan prosesor quad-core Mediatek MT6735M yang berbasis inti Cortex A53 dengan kecepatan 1GHz.
Didukung dengan RAM 1GB smartphone ini didukung pula dengan GPU Mali-T720. Dengan spesifikasi ini Lenovo mengklaim bahwa Lenovo A2010 mampu memberikan kinerja gaming yang layak.
Dalam pengujian yang kami lakukan dengan menggunakan game Asphalt8:Airborne, smartphone ini mampu menjalankan game berat tersebut dengan lancar. Ketika kami uji dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark smartphojne ini mampu mendapatkan skor 20 ribuan.
Untuk penyimpanan data Lenovo A2010 diperkuat dengan memori internal sebesar 8GB, jika hal ini dirasa kurang Lenovo A2010 juga mendukung pemambahan memori melalui memori eksternal kartu micro SD hingga 32GB.

Kamera
Lenovo A2010 menggunakan kamera utama 5MP dengan kemampuan autofokus dan LED flash. Sedangkan pada kamera depan tersedia 2MP dengan kemampuan fixed fokus. Kamera utamanya sudah mendukung fitur HDR ,smile detection,zero shutter lag,voice capture,face detection,Auto scene detection dan mampu mengambil gambar pada resolusi maksimum 2592 х 1944 piksel.
Pada Kamera utama yang mampu merekam video 720p dan mendukung modus seperti Live photo , Motion tracking, Beautification dan Panorama. Sedangkan pada kamera sekunder hanya mendukung perekaman video 480p dengan video face detection dan mendukung modus seperti Beautification,Panorama dan Multi angle view.

Konektivitas
Untuk pilihan konektivitas smartphone ini selain sudah memiliki kemampuan untuk masuk dijalur 4G/LTE juga mampu menggunakan koneksi Wifi untuk internetan. Koneksi lainnya yang termasuk didalamnya adalah Bluetooth 4.0 GPS, GPS dan koneksi kabel Micro – USB.

Sumber